CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Thursday, January 29, 2009

Dalam Seberkas Senyum yang Manis Ada Gigi yang Sehat


Seberkas senyum yang paling didambakan mungkin adalah senyumnya artis iklan pasta gigi. Kalau digambarkan senyumnya "cling" dengan berderet gigi putih bersih plus rapi. nah, berkaitan dengan senyum pengiklan pasta gigi ini bisa diperoleh jikalau rajin sikat gigi, pola makan dan hidup yang sehat, plus rajin kontrol ke dokter gigi (menurut pendapatku^^. ada pendapat lain?jawabannya tny dokter gigi aja ya... )



Nah, karena topiknya tentang gigi,, ada suatu cerita di dua minggu lalu.
the story began ketika usai aku bertekad memenuhi janji untuk menambal gigi yang berlubang. pokoknya dengan serangkaian proses gigi ditambal. then, karena seumur-umur belum pernah membersihkan karang gigi, alhasil berangkat juga ke dokter gigi dengan semangat 45 diiringi hujan rintik-rintik. Dan berjalanlah proses pembersihan karang gigi yang ternyata sakitnyaaaaa...sampai berdarah-darah..


kata Bu dokter "Itu wajar mbak,,,lagipula gigi mbak, termasuk sensitif juga"

aku cuma bisa "iya-iya".

setelah berlama-lama akhirnya selesai juga. namun, tiba-tiba dokternya bawa cermin dan memposisikan tepat di depan wajah.


"Ini coba dilihat. Giginya cenderung bergaris. mungkin dahulu waktu masa pembentukan emailnya, Anda kelebihan fluor. gigi jadi lebih sensitif,, lebih cepat beresiko berlubang"


"Anda pasti gusinya sering berdarah kan? coba dilihat gusi bagian bawahnya. kenampakannya gemuk-gemuk,,ini ginggivitis"


Waduh,, tepat banget "ramalannya"
Dan sebagai pasien,, aku pun bertanya "kok bisa ginggivitis?"


"Karang gigi dibiarkan,, jadi menyebabkan gusi meradang,,kalo dibiarkan terus menerus, gigi bisa goyang"


iiihhh,, ngeri,,yang ada dipikiran langsung membanyangkan senyum dengan gigi tak tersisa. alias ompong! no way! belum selesai membayangkan,, dokternya melanjutkan.


"ini sebulan lagi kemari ya,, untuk tambal yang sudah ada tanda-tanda akan berlubang. yah daripada kejadiannya seperti gigi yang sudah berlubang"


akhirnya oleh dokter tadi dioleskan obat rasa vanila (kayak es krim aja) plus diberi alias diresepkan pasta gigi khusus.


Pada intinya, totally aku tidak begitu tahu soal per-gigi-an. jadi, informasi di atas hanya berdasarkan pengalaman. mau tahu lebih lanjut...silakan datang ke klinik gigi terdekat^^


Yang Jelas,, satu hal yang bisa dipetik hikmahnya,, jangan malas sikat gigi sebelum tidur,, jangan malas pula mengunjungi dokter gigi sebelum masalah gigi berlanjut ke arah yang lebih parah, dan jangan lupa jaga pola hidup sehat.. untuk dapat senyum seperti artis iklan pasta gigi...^^

0 comments: